Senin, 27 Februari 2012

Puri Maerokoco


Pada masa Gubernur HM. Ismail, dibangun Puri Maerakaca, Taman Mini Jawa Tengah Indah, lengkap dengan anjungan-anjungan berupa bangunan-bangunan yang mewakili kekhasan 35 kabupaten-kota seluruh Jawa Tengah, disana juga tersedia berbagai fasilitas untuk rekreasi dan wisata air.
Taman ini sebenarnya telah memenuhi standar sebagai destinasi unggulan, aksesbilitasnya mudah dijangkau, atraksinya juga ada, wisatawan juga bisa beraktivitas disana dan memiliki juga sarana anjungan-anjungan berupa rumah tradisional 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Hanya
sayangnya belum diupayakannya satu hal yaitu bagaimana membuat wisatawan "betah" dan bisa berlama-lama disana lalu ingin berkunjung kembali bersama kerabat dan relasinya. Pedahal kita bisa belajar dari Taman Wisata Mekarsari, misalnya menyediakan sarana kereta keliling taman lengkap dengan pemandunya yang cakap dan menyenangkan. Hmm ...

Puri Maerokoco Taman Wisata Budaya Jawa Tengah merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari seluruh kawasan PRPP Jawa Tengah, berada disekitar pemukiman penduduk, perkantoran, perdagangan, olah raga, rekreasi dan pariwisata. Taman ini diwujudkan dengan pulau yang merupakan gambaran miniatur Jawa Tengah dibatasi oleh danau di utara dan selatan sebagai gambaran laut dan Samudra Indonesia dan lahan Jawa Barat serta Jawa Timur diisi dengan tanaman langka, sedang di luar danau ini terdapat jalan keliling lebar 6 m yang bisa dipakai untuk kereta mini dan sebagainya.

Area Puri Maerokoco Taman Wisata Budaya Jawa Tengah sangatlah luas. Area ini dibagi-bagi menjadi Kelompok Daerah Tingkat II dengan luas yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anjungan. Rata-rata tiap anjungan mendapat luas 1.000 m². Tiap anjungan diwakili oleh rumah daerah setempat dan dilengkapi berbagai miniatur benda-benda bersejarah yang terdapat di daerah asalnya. Seperti misalnya untuk daerah kabupaten Magelang terdapat miniatur candi Borobudur, untuk daerah Kudus ada miniatur Menara Kudus, demikian juga mesjid Demak dan daerah-daerah lainnya.

Untuk menuju Puri Maerokoco Taman Wisata Budaya Jawa Tengah ini pengunjung dapat melewati 2 (dua) jembatan penghubung, 1 jembatan utama merupakan pintu masuk terletak di utara anjungan Semarang sebagai ibu kota Propinsi dan 1 (satu) jalan di timur merupakan pintu masuk samping. Selain melewati jembatan disediakan juga kapal dayung yang dapat mengelilingi danau dan merapat di dermaga mini misal di anjungan-anjungan Semarang, Pati, Tegal, Cilacap dsb.
Puri Maerokoco terletak di sebelah barat kompleks lokasi pamer PRPP Jawa Tengah di kota Semarang, ibu kota propinsi Jawa Tengah.
Jam buka : Setiap hari 08.00-18.00


Fasilitas yang ada :
35 Bangunan Anjungan Kab/Kota se-Jawa Tengah
Kolam Pancing yang luas dan Nyaman
Keamanan 24 Jam, tempat Istirahat yang sejuk, nyaman / shelter
Tempat Ibadah, Air Bersih dan Kamar Kecil
Arena bermain anak-anak ( Boom-boom car, Astro jet, komedi ), Kereta mini, Perahu air dan sepeda air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar